Page
Manfaat Terong Bulat

Manfaat Terong Bulat

03.05.2019 / Views

Orang Indonesia pasti sangat akrab dengan terong. Buah, yang diolah sebagai sayuran, memiliki beragam varietas dan rasa yang lezat. Terong, yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, telah terbukti sangat bergizi dan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Apa manfaat terong untuk kesehatan?

Sekilas tentang terong 

Terong atau terong adalah salah satu makanan yang umum di Indonesia. Ada beberapa jenis terong yang biasa dikonsumsi, yaitu terong ungu, terong bulat, terong putih, terong terung, terong Belanda dan Leunca. Dari sekian banyak jenis terong, terong ungu atau Solanum melongena adalah yang paling banyak dikonsumsi dan paling banyak tersedia di pasaran. 

Baca Juga : Resep Ejakulasi Dini Tradisional

 

Terong adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sangat cocok untuk dikonsumsi. Terong memiliki indeks kalori dan gula darah yang rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya, kadar air dan serat dalam terong sebenarnya tinggi. Terong juga kaya akan antioksidan dan memiliki beragam vitamin dan mineral. 

Vitamin dan mineral dalam terong termasuk vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 atau vitamin folat, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, natrium, mangan, dan seng. Kulit terong juga memiliki pigmen antosianin, yang merupakan antioksidan. 

Manfaat terong 
Tentu saja, jika Anda melihat isi berbagai jenis nutrisi dalam terong, Anda dapat menyimpulkan bahwa terong hadir dalam makanan bergizi yang baik untuk kesehatan Anda. Apa manfaat terong untuk kesehatan? Ini beberapa di antaranya! 

1. Kontrol kadar gula darah 
Keuntungan pertama dari terong adalah untuk mencegah naiknya kadar gula darah. Makanan yang tinggi serat adalah makanan yang baik untuk menjaga kadar gula darah. Makanan berserat tinggi, seperti terong, membantu memperlambat proses pencernaan, memperlambat penyerapan gula. 

Terong juga mengandung polifenol, yang merupakan antioksidan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dapat membantu mengurangi asupan gula dan meningkatkan sekresi insulin, sehingga kadar gula darah dapat dikendalikan. 

2. Kontrol kolesterol 
Keuntungan kedua terong adalah menurunkan kadar kolesterol. Secara umum, makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah juga memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol. Kadar gula darah yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. 

Karena insulin mempengaruhi tidak hanya metabolisme gula dalam tubuh, tetapi juga metabolisme lemak. Kemampuan terong untuk mengontrol kadar gula darah juga membuat buah ini baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. 

3. Dapatkan kesehatan jantung 
Metode terong ketiga adalah pemeliharaan kesehatan jantung. Kelebihan dari proses ini juga terkait dengan keunggulan sebelumnya. Kolesterol LDL dan trigliserida tinggi dalam darah dapat membentuk plak yang dapat menyumbat arteri. Ini berarti bahwa kadar kolesterol tinggi disebut sebagai penyebab penyakit jantung. 

Kandungan antioksidan dalam terong juga berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Pengamatan hewan menunjukkan bahwa terong dapat meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

 

Baca Juga : Obat Kuat Tradisional

4. Cegah kanker 
Pencegahan kanker sering disebut-sebut sebagai salah satu manfaat terong ungu. Seperti dilansir Health Line, terong mengandung zat yang disebut solasodine rhamnosylglycoside, yang telah dipelajari dan dapat menyebabkan kematian pada sel kanker dan mencegah terulangnya kanker tertentu. SRG juga dikenal untuk melawan kanker kulit saat digunakan secara topikal. 

Mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan juga dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Karena itu, makan terong dan buah-buahan dan sayuran lainnya dapat menurunkan risiko kanker.

5. Nutrisi untuk otak 
Manfaat terong berikutnya adalah sumber makanan yang melindungi otak. Telah disebutkan bahwa terong mengandung polifenol, salah satunya adalah antosianin dalam kulit terong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa antosianin atau nasunin yang ditemukan dalam terong tidak hanya dapat melindungi radikal bebas tetapi juga lipid dalam membran sel otak. 

Antosianin juga dapat meningkatkan sirkulasi otak, sehingga fungsi otak tetap terjaga. Mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti terong, dapat memperlambat penurunan fungsi kognitif otak, yang umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. 

6. Membantu menurunkan berat badan 
Manfaat terong, yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya, adalah pengurangan berat badan. Jika Anda bertanya-tanya makanan mana yang paling membantu menurunkan berat badan, jawabannya adalah, tentu saja, makanan yang rendah kalori tetapi tinggi serat. Terong memenuhi kriteria untuk makanan rendah kalori dan rendah lemak dengan asupan tinggi, sehingga sangat cocok dengan makanan Anda. 

7. Menjaga kesehatan kulit 
Menjaga kulit yang sehat juga merupakan keuntungan bagi terong ungu lainnya. Kandungan antioksidan dalam terong dapat menyehatkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Terong dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah. Terong juga dapat digunakan sebagai salah satu masker wajah yang diyakini mampu melembabkan, menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

 

Baca Juga : Jenis Jambu Terbaik

Subscribe

Due to security reasons this form element will be visible when viewing this page via your custom domain only.
This website is created with Website Builder - Ucraft
i want a website like this
Ucraft is a free website builder that provides web designers, marketers and business owners with a set of web design tools to start their next awesome project in minutes. No coding or designer skills needed. Go to Ucraft